cover
Contact Name
Indi Ramadhani
Contact Email
indiramadhani@unsil.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jem@unsil.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ekonomi Manajemen
Published by Universitas Siliwangi
ISSN : 24772275     EISSN : 26857057     DOI : -
Jurnal Ekonomi Manajemen (P-ISSN: 2477-2275, E-ISSN: 2685-7057) merupakan peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang ilmu-ilmu ekonomi manajemen dan bisnis yang meliputi bidang manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi secara periodik dua kali dalam setiap volume.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): November 2018" : 8 Documents clear
PENGARUH KECERDASAN SOSIAL, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEKERJA SOSIAL PENDAMPING PKH DINAS SOSIAL KABUPATEN TASIKMALAYA Yuyun Rachmayuniawati
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.702

Abstract

The purpose of this research is to find out (1) how Social Intelligence, Work Motivation, Organizational Culture and Performance, (2) how Influence of Social Intelligence, Work Motivation, Social Worker Good Partially And Together In Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. Objects studied are Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten TasikmalayaWorker. The research method used is survey method. Data collection was obtained through observation, questionnaire and literature study. The population in this study is 202 people and taken sample of 134 people. By using path analysis, it was found out that social intelligence, work motivation and organizational culture partially and simultaneously influence worker performance positively. Thus the hypothesis in this study is accepted.Keywords:Social Intelligence; Work Motivation; Organizational Culture; Performance. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana Kecerdasan Sosial, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kinerja Pekerja Sosial Pendamping PKH Pada Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya, (2) bagaimana Pengaruh Kecerdasan Sosial, Motivasi Kerja, Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pekerja Sosial Pendamping PKH Baik Secara Parsial Maupun Bersama-Sama Pada Unit Pelayanan Program Keluarga Harapan Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. Objek yang diteliti adalah pekerja pendamping PKH Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, kuesioner dan studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini adalah 202 orang dan diambil sampel sebanyak 134 orang. Dengan menggunakan analisis jalur, maka didapatkan hasil bahwa kecerdasan sosial, motivasi kerja dan budaya organisasi secara parsial dan simultan mempengaruhi kinerja pekerja secara positif. Dengan demikian hipotesis pada penelitian ini diterima. Kata kunci: Kecerdasan Sosial; Motivasi Kerja; Budaya Organisasi; Kinerja.
ANALISA PENGARUH MOBILE BANKING TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA Sudaryanti, Dedeh Sri; Sahroni, Nana; Kurniawati, Ane
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.699

Abstract

This study was aimed to analyze of using mobile banking on company performance. It was conducted on banking sector companies listed on the IDX in 2017. To analyze the effect of mobile banking on the bank performance, multiple regression analysis werw used by including two control variable namely bank size by using the normal logarithm of total assets and credit risk (NPL) with ROA as a measure of bank performance. The result show that mobile banking has a negative effect on ROA. Alleged cause because its use was not comprehensive or every customer did not necessarily use this facility. The bank size has a significant positive effect on ROA, that the larger the bank size will improve the bank performance. This is due to the fact that large bank more opportunities to provide loans than small banks so as to create greater profits. NPL has a negative effect on ROA. An increase in credit risk or increasing the value of NPL will reduce the level of bank profitability.Keywords:performance;mobile banking;bank size;credit risk;ROA;NPL. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan mobile bankingterhadap kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan sektor perbankan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017. Untuk menganalisis pengaruh mobile bankingterhadap kinerja perusahaan sektor perbankan, digunakan alat analisis persamaan regresi berganda dengan menyertakan dua variabel kontrol yakni ukuran perusahaan dengan menggunakan logaritma normal dari total asset dan risiko kredit (NPL) dengan ROA sebagai ukuran kinerja bank.Hasil penelitian menunjukkan penggunaan mobile bankingberpengaruh negatif terhadap ROA. Diduga penyebabnya karena  penggunaannya belum menyeluruh atau setiap nasabah belum tentu menggunakan fasilitas ini. Ukuran bank (SIZE) berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. Bahwa semakin besar ukuran bank, maka akan meningkatkan kinerja bank umum di Indonesia. Hal ini disebabkan bahwa bank besar memiliki lebih banyak kesempatan memberikan pinjaman dibandingkan bank yang kecil sehingga dapat menciptakan laba yang lebih besar. NPL berpengaruh negatif terhadap ROA. Peningkatan risiko kredit atau semakin besarnya nilai NPL akan menurunkan tingkat profitabilitas bank.Kata Kunci: kinerja;mobile banking;ukuran perusahaan;risiko kredit;ROA;NPL.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK KONSUMSI STATUS PADA GENERASI MILLENNIAL Taufiq, Adhitya Rahmat; Mandasari, Andina Eka; Romdani, Andhy
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.704

Abstract

Millennials are indeed a hot topic that has been studied recently because they have unique characteristics. This generation is known as a generation that is synonymous with hedonic and consumptive lifestyles and tends to seek luxury. Therefore, this study seeks to understand the role of several factors that are likely to shape status consumption in the millennial generation, especially new ones. The survey was conducted on more than 200 millennial generation respondents who lived in several areas of Tasikmalaya City and its surroundings, were already working and financially independent using a questionnaire as the main data collection tool. To find out what factors can actually be constructs from the Status Consumption variable, Confirmatory Factor Analysis is used by using the approach of maximum likelihood estimation. The descriptive test results show that the construct of consumption status consists of self-directed symbolic / expressive value, other-directed symbolic / expressive values, experiential / hedonic values, utilitarian / functional value, and overall cost / sacrifice value are in good classification.Keywords: Millennial; Consumption Status. Generasi millennial memang menjadi topic hangat yang diteliti belakangan ini karena mereka memiliki karakteristik yang unik.Generasi ini dikenal sebagai generasi yang identik dengan gaya hidup hedonis dan konsumtif serta cenderung mencari kemewahan. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya untuk memahami peran dari beberapa faktor yang kemungkinan dapat membentuk konsumsi statuspadagenerasi millennial, khususnya yang baru bekerja. Survey dilakukankepadalebih dari 200responden generasi millennial yang tinggal di beberapa wilayah Kota Tasikmalaya dan sekitarnya, sudah bekerja dan mandiri secara finansial dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama. Untuk mengetahui factor apa saja yang sebenarnya dapat menjadi konstruk darivariabel KonsumsiStatus maka digunakan alat analisisConfirmatory Factor Analysisdengan menggunakan pendekatan maximum likelihood estimation.Hasil pengujian deskriptif menunjukan bahwa konstruk dari konsumsi status yang terdiri dari self-directed symbolic/expressive value, other-directed symbolic/expressive value, experiential/hedonic value, utilitarian/functional value, dan cost/sacrifice valuesecara keseluruhan berada pada klasifikasi baik.Kata Kunci: Millennial, Konsumsi Status.
PENGARUH PENJUALAN, BEBAN POKOK PENJUALAN, PAJAK DAN BIAYA KEUANGAN TERHADAP LABA RUGI PERUSAHAAN JASA TELEKOMUNIKASI Andini Retno Astriningrum; Eka Sukmawati Wahyuningtyas; Nurisqi Amalia
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.700

Abstract

This study aims to provide empirical evidence regarding the effect of sales, operating expense, taxes, and interest to the profit (loss) of telecommunications service companies listed on Indonesia Stock Exchange from 2014 to 2017 by testing for each variable. The analysis model used in this study is a model of multiple linear regression analyzes were performed with the aid of a computer program SPSS version 20.0. After a partially test these results indicate that sales partially had a significant effect to the profit (loss) of telecommunication service companies. Operating expense, taxes, and interest partially had no significant effect to the profit (loss) of telecommunication service companies. After a simultaneously test towards these four variables these results indicate that sales, operating expense, taxes, and interest simultaneously had a significant effect to the profit (loss) of telecommunication service companies.Keywords:Interest;Loss;Operating Expense;Profit;Sale;Taxes.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh penjualan, beban penjualan, pajak, dan biaya keuangan terhadap laba (rugi) perusahaan jasa telekomunikasi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2014-2017 dengan melakukan pengujian terhadap masing-masing variabel. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi linier berganda yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan pengujian secara parsial didapatkan hasil bahwa penjualan secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap laba (rugi) perusahaan jasa telekomunikasi. Beban penjualan, pajak, dan biaya keuangan secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap laba (rugi) perusahaan jasa telekomunikasi. Setelah dilakukan penelitian secara simultan terhadap keempat variabel tersebut didapatkan hasil bahwa penjualan, beban penjualan, pajak, dan biaya keuangan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap laba (rugi) perusahaan jasa telekomunikasi.Kata Kunci: Beban penjualan;Biaya Keuangan; Laba Perusahaan;Pajak;Penjualan;Rugi Perusahaan.
PENGARUH PENGHARGAAN, DISIPLIN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEMAUAN KERJA Yuyun Yuniasih; Heri Herdiana; Alfin Nurfahmi Mufreni
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.701

Abstract

The purpose ofthis studywas to determine(1) the effectof reward, discipline and motivation in PT. PLN (persero) Tasikmalaya Region, (2) the effectofwillingness of the employees of the ministry and the administration of PT. PLN (persero) Territory Tasikmalaya, (3) influence of employee performance of service and administration of PT. PLN (Persero)TasikmalayaRegion, (4) influence of appreciation, discipline and work motivation on employee performance through the willingness of employee of service and administration of PT. PLN (Persero)TasikmalayaRegion. Subjects werePT. PLN (Persero)TasikmalayaRegionandits object thereward,discipline, motivation, willingness to workandperformanceofemployees.This type of datais qualitative data. Data collection methodused in this researchwere questionnaires, interviews, anddocumentationof datain 2017 andanalyzedpath.The results showedreward, discipline, and motivation affect the performance of employees through a willingness to work simultaneously.Keywords:reward;discipline;motivation;willingness to work;employeeperformance. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui (1) pengaruh penghargaan, disiplin dan motivasi yang diberikan PT. PLN (persero) Area Tasikmalaya, (2) pengaruh kemauan kerja karyawan bagian pelayanan dan administrasi PT. PLN (persero) Area Tasikmalaya, (3) pengaruh kinerja karyawan bagian pelayanan dan administrasi PT. PLN (persero) Area Tasikmalaya, (4) pengaruh penghargaan, disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui kemauan kerja karyawan bagian pelayanan dan administrasi PT. PLN (persero) Area Tasikmalaya. Subjek penelitian adalahPT. PLN (persero) Area Tasikmalaya dan obyeknya adalah penghargaan, disiplin, motivasi, kemauan kerja dan kinerja karyawan. Jenis data adalah data kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuisioner, wawancara, dan dokumentasi data tahun 2017serta dianalisis dengan menggunakananalisi path.Hasil penelitian menunjukan penghargaan, disiplin, dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kemauan kerja secara simultan.Kata Kunci: penghargaan;disiplin;motivasi;kemauan kerja; kinerja karyawan.
PENGARUH STRES KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN TASIKMALAYA Taufik Wibisino
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.697

Abstract

The purpose of this study was to know and analyze the stress of work and organizational commitment and employee performance, and the effect of work stress and organizational commitment to employee performance at the District Secretariat Tasikmalaya regency. The method used is a survey method. The procedure of collecting data obtained through interviews, questionnaires and literature. The sampling technique used purposive sampling with a population of civil servants in the Office of the Regional Secretariat of Tasikmalaya regency as many as 100 people. Data analysis technique used is path analysis. The analysis showed that work stress and organizational commitment and employee performance significantly influence employee performance Tasikmalaya regency Regional Secretariat either partially or simultaneously. Employees should be able to manage job stress wisely. Keywords: job stress, organizational commitment, employee performanceTujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis mengenai stres kerja dan komitmen organisasional serta kinerja pegawai,dan pengaruh stres kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah KabupatenTasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel menggunakan porposive samplingdengan populasi pegawai negeri sipil di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 100 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa stres kerja dan komitmen organisasional serta kinerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Sekretariat Daerah KabupatenTasikmalayabaik secara parsial maupun simultan. Sebaiknya pegawai mampu mengelola stress kerja secara bijaksana. Kata kunci: stres kerja, komitmen organisasional, kinerja pegawai.
PENGARUH FUNGSI AUDIT INTERNAL TERHADAP PELAKSANAAN GOOD GOVERNANCE (SURVEY PADA KANTOR CABANG BANK UMUM DI TASIKMALAYA) Tedi Rustendi
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.698

Abstract

The aims of this resarch is to known the influence of internal audit function on implementation of good governance at organization’s units (branch offices) of commercial banks which is geographically separated from the home offices, so that senior man agement and board of commissioner/audit committee factors are considered more focused on effectiveness of internal audit function in assessing governance process. The survey was conducted on 27 branch offices of commercial banks which operating in Tasikmalaya by providing the same treatment between conventional commercial banks and syari'ah commercial banks. Based on pearson coefficient analysis at 5% of significant level, shows that the internal audit function has a significant influence on the implementation of good corporate governance, where if the bank's internal audit function is effective, so the implementation of good corporate governance will be better. It is shown by the positive perception of management that the implementation of good governance as required by the Otoritas Jasa Keuangan can be realized one of them by supporting the role of bank’s internal audit function in assessing the governance process.Keywords:internal audit;good governance.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fungsi audit internal terhadap pelaksanaan good goverancepada unit organisasi (kantor cabang) yang terpisah secara geografis dari kantor pusatnya, sehingga faktor manajemen senior, dan dewan komisaris/komite audit dipandang lebih bertumpu kepada efektivitas fungsi audit internal dalam menilai proses governance. Survey dilakukan pada 27 kantor cabang bank umum yang beroperasi di Kota tasikmalaya dengan memberikan perlakukan yang sama antara bank umum konvensional dan bank umum syari’ah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan pearson coefficient analysispada taraf nyata 5%, menunjukkan bahwa fungsi audit internal berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan goodgovernnace, dimana bila fungsi audit internal bank efektif, maka pelaksanaan good corporate governanceakan semakin baik. Hal tersebut ditunjukan dengan persepsi positif dari manajemen bahwa pelaksanaan good governanceseperti yang diwajibkan oleh Otoritas Jasa Keuangan dapat terwujud salah satunya dengan mendukung peran fungsi audit internal bank dalam menilai proses governance.Kata Kunci: audit internal;good governance.
PENGARUH RETURN ON ASSET (ROA), EARNING PER SHARE (EPS), DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2017 Opi Dwi Dera
Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 4, No 2 (2018): November 2018
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37058/jem.v4i2.703

Abstract

The purpose of this research are to know the influence of Return On Assets, Earning Per Share and Net Profit Margin about stock prices at food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2014-2017. The selection of samples using the Purposive sampling method, so as to obtain a sample of 14 companies. Data in the form of secondary data obtained from the official website of the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2014-2017. The data analysis technique uses the classic assumption test, multiple linear regression and hypothesis testing. The results showed that Return On Asset had a significant effect on stock price as indicated by sig t 0,000 0,005 and Thitung 3,925 T table 2,00665; Earning Per Share has no significant effect on stock price indicated by sig t 0.192 0.05 and Thitung 1.323 Ttable 2.00665; Net Profit Margin does not have a significant effect on stock prices indicated by sig t 0.844 0.05 and Tcount of -0.198 Ttable 2.00665. Return On Asset, Earning Per Share and Net Profit Margin simultaneously have a significant effect on stock price as evidenced by Fcount 24.011 Ftable 2.78 and sig F 0.000 0.005.Keywords:ROA; EPS; NPM; Stock Price           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset, Earning Per Sharedan Net Profit Marginterhadap Harga Saham pada perusahaaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Pemilihan sampel menggunakan metode Purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 14 perusahaan. Data berupa data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2017. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap harga saham yang ditunjukkan dengan sigt 0,000 0,005 serta  Thitung3,925 Ttabel2,00665;Earning Per Share tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham ditunjukkan dengan sigt 0,192 0,05 serta Thitung 1,323 Ttabel2,00665; Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham ditunjukkan dengan sigt 0,844 0,05 serta Thitung sebesar -0,198 Ttabel 2,00665.  Return On Asset, Earning Per Sharedan Net Profit Marginberpengaruh signifikan secara simultan terhadap harga saham  dibuktikan dengan Fhitung 24,011 Ftabel 2,78 dan sig F 0,000 0,005. Kata Kunci: ROA; EPS; NPM; Harga Saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 8